Sah! Erdogan Menang Pilpres Turki dan Menjabat 3 Periode

Erdogan menang di putaran kedua pilpres 2023. Dok. Detik

SenjaBerita.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memenangkan pemilihan presiden pada tahun 2023 dengan dukungan dari lebih dari 52% pemilih. Meskipun terdapat ketegangan dan polarisasi di antara masyarakat terkait hasil pemilihan, Erdogan berjanji untuk mencari cara untuk menyatukan negara dan melanjutkan program kebijakan yang telah diterapkan selama bertahun-tahun.

Pihak oposisi yang kalah dalam pemilihan presiden menuding adanya kecurangan dalam pemilihan tersebut, namun pemerintah membantah tudingan tersebut dan menyatakan pemilihan presiden telah dilakukan secara adil dan transparan.

Baca Juga : Inilah Daftar 24 Partai Politik Peserta Pemilu 2024

Pemilihan presiden tersebut diadakan dalam dua putaran karena tidak ada salah satu calon yang memenangkan lebih dari 50% suara pada putaran pertama. Namun pada putaran kedua, Erdogan berhasil memenangkan suara lebih dari 50%.

Akan tetapi dalam putaran kedua, Erdogan memimpin persaingan dengan meraih 52,3% suara di penghitungan Pilpres Turki putaran kedua ini. Sedangkan lawannya Kemal Kilicdaroglu hanya mendapatkan  47,7 persen dari total suara suara yang telah dihitung sebanyak 96 persen. 

Erdogan telah menjabat sebagai presiden Turki sejak tahun 2014 dan telah mengalami berbagai tantangan dan kritik selama masa pemerintahannya, baik dari dalam negeri maupun internasional. Namun dengan kemenangan dalam pemilihan presiden 2023 ini, Erdogan diharapkan dapat mempertahankan stabilitas politik dan ekonomi Turki serta memimpin negara tersebut ke arah yang lebih baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak