Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah Paling Populer dan Ramai Dikunjungi

Wonosobo dikenal sebagai salah satu wilayah dengan dataran tinggi yang viewnya mempesona dan menghibur mata. Banyak sekali tempat wisata di wonosobo, namun yang terkenal adalah dieng. namun sebenarnya masih banyak tempat wisata di wonosobo yang tak kalah bagusnya.

Nah pada artikel ini kita akan membahas 7 tempat wisata yang sangat populer dan memiliki view bagus selain dieng. Yuk simak pembahasanya :

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Wonosobo

1. Telaga Warna


Telaga Warna adalah sebuah telaga alami yang terletak di Desa Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini cukup terkenal di Indonesia karena memiliki keunikan dalam warna airnya yang bisa berubah-ubah, mulai dari hijau, biru, kuning hingga merah. Bukan hanya keindahan warnanya yang menakjubkan, Telaga Warna juga memiliki keunikan lain yang membuatnya populer sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Indonesia.

Keindahan alam Telaga Warna terletak pada perpaduan antara air telaga, pepohonan pinus yang menjulang tinggi, serta panorama dari sekitar Pegunungan Dieng. Selain itu, di sekitar Telaga Warna terdapat juga saung-saung dan spot foto yang cukup banyak diminati, salah satunya adalah spot foto dengan latar belakang Menara Pandang.

Konon, Telaga Warna terbentuk akibat letusan Gunung Prau pada zaman dahulu. Ketika itu, lahar dari Gunung Prau menutupi dan membatasi aliran sungai sehingga membentuk telaga alami yang tertutup dan sangat jernih. Selama ini, scientists masih meneliti lebih dalam tentang rangkaian misteri Telaga Warna yang selalu mengubah warnanya.

Untuk menikmati Telaga Warna, pengunjung dapat menikmati sensasi hiking yang menarik, atau dengan menaiki kendaraan roda 4 menuju puncak bukit. Suhu dingin di sekitar Telaga Warna dapat menambah kesan liburan yang menyegarkan bagi para pengunjung.

Pengunjung juga bisa menyewa perahu kayu yang terbuat dari kayu jati khas Jawa untuk menikmati keindahan Telaga Warna. Tarif sewa perahu berkisar sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000 saja. Suasana Tenang dan damai dari telaga warna sangat cocok sebagai tempat recreasi bersama keluarga.

2. Telaga Menjer


Telaga Menjer adalah sebuah telaga yang terletak di Desa Maron , Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini memiliki luas sekitar 75 hektar dengan kedalaman rata-rata 5 meter. Telaga ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga menyimpan sejarah dan misteri yang menarik.

Sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Wonosobo, Telaga Menjer menawarkan keindahan alam yang memikat. Telaga ini dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan terhampar luas di hadapan mata. Pada pagi hari, kabut tipis menggantung di atas permukaan air, menambah keindahan panorama alamnya.

Telaga Menjer memiliki banyak spot foto Instagramable yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah rumah kolam yang terletak di tepi telaga. Rumah kolam ini memiliki latar belakang gunung yang hijau, dan banyak pengunjung yang mengambil gambar di sini. 

Dismping itu juga sebagai tempat usaha warga lokal seperti mengutip dari belajarusaha.com yang memberikan banyak ulasan seputar usaha dan bisnis untuk kelangsungan hidup warga lokal.

Di sekitar Telaga Menjer terdapat beberapa pohon bambu betung yang tumbuh subur dan rindang. Pengunjung dapat menikmati suasana yang sejuk dan menenangkan sambil berjalan-jalan di bawah rimbunnya pepohonan bambu.

Selain keindahan alamnya yang mempesona, Telaga Menjer juga menyimpan sejarah dan misteri. Konon, pada tempat ini pernah terjadi perang melawan penjajah Belanda pada abad ke-19. Di sekitar telaga, terdapat banyak kuburan masa lalu yang menjadi saksi bisu dari perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Pengunjung juga dapat menikmati sensasi menaiki perahu keliling Telaga Menjer sambil menikmati keindahan alamnya. Tarifnya sangat terjangkau hanya sekitar Rp 15.000 sampai Rp 25.000, tergantung jenis perahu yang digunakan.
 

3. Batu Ratapan Angin


Batu Ratapan Angin Dieng , juga dikenal sebagai Bukit Ratapan Angin, merupakan salah satu objek wisata populer di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat ini terletak di sekitar 1.900 meter di atas permukaan laut, dan menawarkan pemandangan indah yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Batu Ratapan Angin Dieng sebenarnya adalah hasil letusan vulkanik purba yang kini telah lama tidak aktif . Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menawan, termasuk hamparan sawah yang hijau, perbukitan, dan juga telaga-telaga cantik yang tersebar di sekitarnya.

Batu Ratapan Angin sendiri berupa pahatan alam yang terbentuk secara alami akibat erosi yang terjadi selama bertahun-tahun. Tempat ini diberi nama "Ratapan Angin" karena seringkali terdengar suara gemuruh angin melintas di antara lubang-lubang batu yang ada di sekitar tempat ini.

Pemandangan dari puncak Batu Ratapan Angin Dieng cukup menakjubkan , pengunjung dapat melihat keindahan Dataran Tinggi Dieng dari ketinggian. Selain itu, karena lokasinya yang cukup tinggi, di sini juga dapat melihat kabut yangmenambah keindahan panorama alam di sekitarnya.

Untuk dapat menikmati pemandangan ini, pengunjung dapat melakukan pendakian ke puncak dengan melewati jalur yang telah disediakan oleh pengelola. Waktu yang dibutuhkan untuk naik ke puncak beragam, tergantung pada kondisi fisik pengunjung dan cuaca di sekitar tempat ini.

Batu Ratapan Angin Dieng biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat musim liburan , terutama pada pagi dan sore hari

4. Kahyangan Skyline


Kahyangan Skyline merupakan salah satu objek wisata terbaru yang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan di Wonosobo. Terletak di Bukit Seroja, Kahyangan Skyline menawarkan pemandangan indah dari atas bukit yang cocok untuk bersantai dan menikmati alam di sekitar.

Namun, daya tarik paling menarik dari Kahyangan Skyline adalah wahana paralayang yang disediakan di sana. Wahana ini membuat para pengunjung dapat merasakan sensasi terbang layaknya burung dengan pemandangan matahari terbenam di ufuk barat sebagai background.

Selain wahana paralayang, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan lanskap lembah Wonosobo yang menakjubkan. Spot-spot foto juga bisa ditemukan di sana, seperti spot love lock, Swing Sky, atau siaga lovemark yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Tiket masuk yang dibanderol untuk bisa memasuki Kahyangan Skyline juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 - Rp 30.000 saja. Disarankan untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan maupun bus wisata ke Kahyangan Skyline Wonosobo untuk memarkir kendaraan di area yang telah disediakan.

Jika Anda sedang berada di Wonosobo dan ingin menikmati wisata alam sambil merasakan sensasi paralayang , maka Kahyangan Skyline merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

5. Batu Angkruk


Batu Angkruk merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Wonosobo yang menawarkan sajian wisata kekinian yang sangat cocok untuk para pengunjung yang hobi swafoto . Berlokasi di Rejosari Tambi, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Batu Angkruk menawarkan spot-spot foto instagenic yang dirancang dengan sangat unik dan menarik.

Sesuai dengan namanya, salah satu yang menarik perhatian para pengunjung di sini adalah sebuah batu besar yang berdiri tegak di salah satu sudut area wisata. Batu ini menjadi ikon yang bisa dijadikan sebagai latar belakang spot foto yang sangat memukau. Selain itu, masih banyak spot foto lainnya yang bisa kamu temukan dengan sangat mudah seperti jembatan kaca, love chair, puzzle giant, serta hashtag angkruk yang bisa digunakan sebagai caption foto.

Tak hanya itu, Batu Angkruk juga menyediakan berbagai wahana untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi petualangan seperti menyeberang di atas danau kecil menggunakan flying fox dan panjat tebing yang sangat menegangkan.

Tak hanya menjadi tempat wisata kekinian yang menarik, Batu Angkruk juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung seperti toilet, ruang parkir yang luas, dan masih banyak lagi.

Saat berkunjung ke Wonosobo, jangan lewatkan untuk mengunjungi Batu Angkruk dan menikmati berbagai spot instagenic yang bisa menghasilkan berbagai foto indah dan memukau. Tiket masuk ke area wisata di sini pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000 saja.

6. Kebun Teh Tambi


Berkunjung ke Kebun Teh Tambi Wonosobo akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dengan pemandangan yang indah dari perkebunan teh yang masih asri dan terjaga. Kebun Teh Tambi merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di kawasan Wonosobo.

Kebun Teh Tambi menawarkan aktivitas wisata alam dengan berbagai kegiatan menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung. Para pengunjung dapat berjalan-jalan mengelilingi kebun teh sambil menikmati udara sejuk khas pegunungan, atau naik kereta wisata yang telah disediakan oleh pengelola. Pengelola kebun teh juga telah menyempurnakan fasilitas wisata dengan menambahkan berbagai spot foto yang Instagramable sehingga pengunjung dapat berfoto untuk menghasilkan kenangan yang tak terlupakan.

Bagi para penggemar wisata kuliner, Kebun Teh Tambi juga menyajikan berbagai produk-produk hasil olahan dari kebun teh yang khas dan nikmat . Produk-produk olahan seperti berbagai jenis teh, cookies, dan lokal khas Wonosobo lainnya dapat dinikmati di area kedai kopi yang menjual produk-produk tersebut.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati aktivitas agrowisata yang unik, melihat langsung proses pengolahan dan pembuatan teh, dari panen hingga proses pengeringan dan pengolahan. Hal ini tentunya memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menambah pengetahuan tentang bagaimana teh dibuat.

Kebun Teh Tambi terletak kurang lebih 10 km dari pusat kota Wonosobo, dengan akses jalan yang lumayan bagus serta area parkir yang sangat luas. Harga tiket masuk yang cukup terjangkau, tidak heran apabila tempat wisata ini menjadi primadona wisatawan local maupun mancanegara saat berkunjung ke Wonosobo.

7. Bukit Sikunir


Bukit Sikunir, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng , Wonosobo, Jawa Tengah. Bukit Sikunir menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, terutama saat matahari terbit.

Pemandangan dari Bukit Sikunir sangat menakjubkan, di mana para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luas dan memukau seperti pegunungan yang hijau, awan yang berarak dan kabut yang menyelimuti perbukitan. Pemandangan ini menjadikan Bukit Sikunir sebagai salah satu spot wisata alam yang paling banyak dikunjungi di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Untuk sampai ke puncak, para pengunjung pasti akan melewati rute yang menantang, perjalanan ini bisa memakan waktu sekitar 2 jam. Namun tak perlu khawatir, perjalanan menuju puncak juga bisa ditempuh dengan berbagai macam cara, misalnya dengan menggunakan motor trail atau juga dengan berjalan kaki.

Sampai di puncak Bukit Sikunir, para pengunjung akan disambut dengan suasana yang sangat menyegarkan dan sejuk. Tempat ini menjadi sangat cocok bagi para pecinta fotografi, penggemar alam dan juga untuk orang yang suka menjalankan olahraga yang memacu adrenalin seperti hiking.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bukit Sikunir, pastikan untuk melakukan perencanaan terbaik untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat aktivitas di sini. Persiapkan diri dengan membawa air minum dan makanan, serta pakai pakaian dan sepatu yang nyaman karena medan perjalanan yang cukup berat dan menantang.

Tak hanya wisata alam, di sekitar Bukit Sikunir juga terdapat berbagai macam kuliner khas yang sangat nikmat, seperti burung dara warung, lepet ketan dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Bukit Sikunir, berk

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak