Tugas dan Wewenang Lurah Yang Wajib di Jalankan

Tugas dan Wewenang Lurah
SenjaBerita.com - Lurah merupakan seoarang pimpinan dari kelurahan sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota . Seorang lurah bertanggung jawab kepada camat di tingkat kecamatan dan memiliki tugas dan wewenang dalam melaksanakan pembangunan desa atau kelurahan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Informasi bahwa lurah berbeda dengan kepala desa. Jika kepala desa di tentukan oleh pemilihan umum berbeda dengan lurah yang di lantik langsung oleh bupati atau wakil bupati dan lurah sebelumnya wajib sudah menjadi seorang PNS.

Sebagai lurah wajib melakukan dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Oleh sebab itu ada beberapa tugas dan wewenang yang sudah di atur dan berikut ini adalah beberapa tugas dan wewenang lurah.

Tugas Lurah

1. Menjalankan Tugas pemerintahan

Lurah wajib menjalankan berbagai kegiatan pemerintahan yang diatur dalam perundang-undangan dan harus dapat mematuhi berbagai aturan. Jika mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik, mereka akan diberi sanksi yang jelas dan mereka akan diberi waktu yang lebih sedikit untuk menyelesaikan tugas mereka dengan cepat.

2. Memberdayakan Masyarakat

Lurah di daerah kekuasaannya wajib menjalankan pemberdayaan masyarakatnya, dan salah satu cara yang bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan masyarakat. Peran lurah harus memenuhi harapan masyarakat, atau lurah harus bekerja untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya.

3. Menjaga Ketertiban dan Fasilitas Umum

Lurah juga harus dapat menjaga ketertiban di wilayahnya agar masyarakatnya tenang dan damai. Lurah juga harus menjaga fasilitas umum yang ada, jangan biarkan fasilitas di rusak atau terbengkalai. Dengan menjaga masyarakat tidak perlu takut terhadap ancaman yang dapat mengganggu ketertiban, lurah juga bisa bekerjasama dengan polisi atau satuan keamanan desa.


Wewenang Lurah

1. Menyusun Program Kerja

Salah satu tanggung jawab Lurah adalah menyusun program kerja yang sangat penting untuk meningkatkan efisiensi kerja mereka. Lurah juga harus menyiapkan kegiatan kerja yang harus dilakukan. Lurah juga dituntut unutuk bisa hadir disetiap acara desa yang diselenggarakan, hal ini mencerminkan lurah yang bermasyarakat.

2. Melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan masyarakat

Lurah juga harus berkolaborasi dengan RW, polisi, dan pihak lain. Tak hanya itu, kinerja lurah harus dapat diterima oleh masyarakat secara keseluruhan, dan salah satu tanggung jawab lurah adalah bekerja sama dengan Karang Taruna. Semua hak dan kewajiban lurah harus sesuai dengan satu sama lain untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat yang lebih besar.

3. Pembinaan Kesejahteraan Masyarakat

Lurah memiliki kewajiban untuk bisa melakukan pembinaan terhadap masyarakat kurang mampu dan di wajibkan mendata masyarakat yang memiliki ekonomi kurang mampu. Lurah juga dituntut bisa memberikan perhatian, binaan terhadap masyarakat dalam kategori miskin.

Jadi kurang lebih seperti itulah tugas dan wewenang lurah, secara keselurahan sebenarnya lurah dan kepala desa memiliki tugas dan wewenang yang tidak jauh berbeda.

Demikianlah tugas dan wewenang seorang lurah sebagai kepala pemerintahan di tingkat kelurahan. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang peran lurah dalam pembangunan desa atau kelurahan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak