6 Makanan Khas Betawi Nikmat Dan Unik

 

6 Makanan Khas Betawi Nikmat Dan Unik
gambar kerak telor kuliner khas Betawi

SenjaBerita.com-Banyak orang tua yang membawa anak liburan ke Jakarta untuk memperkenalkan ibukota Indonesia pada anak-anak. Jika Anda punya rencana yang sama, cari tiket bus murah di Pegipegi kemudian nikmati perjalanan menyenangkan dan bebas lelah dari Bandung menuju Jakarta.

Ada banyak yang bisa dikunjungi saat berada di Jakarta dan ada juga berbagai makanan khas Betawi yang bisa dicicipi bersama anak sepanjang liburan. Mencicipi berbagai makanan khas Betawi bisa menjadi pengalaman yang seru dan menarik bagi anak-anak.

Wisata Kuliner Mencicipi Makanan Khas Betawi

Seperti berbagai kota lain yang ada di Indonesia, Jakarta juga menawarkan makanan khas yang unik dan enak. Untuk mencicipi rasa asli makanan khas Betawi, Anda wajib membelinya langsung di kota asalnya. Pastikan Anda mencoba semua makanan khas daerah Jakarta berikut ini.

1.      Kerak Telor

Makanan khas yang satu ini dibuat dengan menggunakan telur yang dimasak di atas arang panas sehingga bentuknya akan menyerupai telur dan terlihat sedikit gosong. Kemudian beberapa toping seperti serundeng dan bawang goreng akan ditambahkan ke atasnya.

2.      Soto Betawi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa setiap kota di Indonesia mempunyai hidangan soto sendiri. Jakarta juga mempunyai Soto Betawi yang sangat khas. Rasanya unik karena soto ini mempunyai kuah kental, tidak seperti soto lain yang kuahnya bening.

Isian dari Soto Betawi antara lain adalah jeroan, kentang, dan emping. Anda bisa menemukan Soto Betawi dengan mudah di setiap sudut ibukota.

3.      Roti Buaya

Masyarakat Betawi biasanya menyajikan roti ini di proses pernikahan tradisional. Roti buaya ini bukan sembarang roti karena melambangkan kesetiaan. Buaya hanya akan kawin satu kali saja. Fakta inilah yang kemudian digunakan sebagai dasar pembuatan roti buaya.

4.      Ketoprak

Hidangan yang satu ini berbahan dasar ketupat, timun, tahu, bihun, serta telur rebus. Semua bahan utama tersebut ditata, kemudian dibumbui dengan saus dari kacang, kecap manis, serta bawang merah goreng dan kerupuk. Ketoprak bisa ditemukan di banyak kota, tapi sebaiknya cicipi dulu rasa aslinya.

5.      Laksa Betawi

Makanan khas Betawi yang berikutnya merupakan mie yang dimasak dengan udang rebon sehingga kuahnya berwarna kekuningan. Laksa Betawi akan terasa semakin nikmat saat disantap bersama dengan kucai, telur, tauge, dan ketupat.

6.      Semur Jengkol

Yang terakhir adalah makanan khas yang banyak sekali peminatnya. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan santan. Semur jengkol bisa ditemukan dengan sangat mudah di berbagai rumah makan bahkan di warung-warung makan kecil di pinggir jalan.

Untuk bisa menikmati rasa asli berbagai masakan khas daerah Jakarta, Anda dan keluarga sebaiknya berkunjung langsung ke kota tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak