Masih Ingat Boediono? Mantan Wakil Presiden RI di Era SBY, Gini Profil Lengkapnya

Boediono

SenjaBerita.com - Boediono adalah seorang ekonom yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014.

Ia lahir di Blitar, Jawa Timur pada 25 Februari 1943. Boediono memiliki latar belakang pendidikan yang sangat baik, ia meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1967. 

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya ke Amerika Serikat untuk meraih gelar Master dan Doktor bidang Ekonomi dari Praha University of Economics and Business pada tahun 1972 dan 1979.

Prof. Dr. (HC) H. Boediono, B.Sc., M.Ec., Ph.D terkenal sebagai seorang akademisi yang ahli di bidang ekonomi. Ia pernah menjadi Guru Besar di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan Direktur Eksekutif Bank Indonesia.

Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan pada era Presiden Megawati Soekarnoputri dan Wakil Menteri Keuangan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca JugaMengenal Partai Bulan Bintang : Sejarah Berdirinya Partai Bulan Bintang Hingga Prestasi di Pemilu

Pada tahun 2009, Boediono bergabung dengan Susilo Bambang Yudhoyono dalam kontestasi politik Pemilu Presiden.

Berhasil menang atas calon lain, mereka berdua dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Oktober 2009.

Selama menjabat sebagai Wakil Presiden, Boediono banyak melakukan reformasi di berbagai sektor ekonomi di Indonesia.

Ia juga berperan penting dalam mempromosikan pengembangan ekonomi yang lebih berkelanjutan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mengurangi kemiskinan.

Baca JugaMengenal Sandiaga Uno : Profil Sandiaga Uno dan Kiprah di Politik

Setelah masa jabatannya sebagai Wakil Presiden berakhir pada tahun 2014, Boediono kembali fokus pada karir akademiknya.

Ia kembali mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan terus aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi Indonesia.

Boediono dikenal sebagai sosok yang rendah hati, cerdas, dan visioner.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak